December 20, 2016

Cara Supaya RAM terbaca dengan Maksimal

Tags


RAM atau disebut juga Random Access Memory ialah salah satu komponen penting dari sebuah Laptop ataupun PC yang anda pakai. tetapi ada beberapa faktor yang biasanya membuat RAM jadi tidak maksimal kinerjanya, baik itu dari segi kapasitas atau yang lainnya. dan di era modern ini banyak sekali RAM yang memberikan kapasitas besar serta kecepatan yang maksimal juga dengan harga yang cukup murah untuk membelinya. tetapi apakah RAM tersebut Worth untuk digunakan? belum tentu demikian. sebab juga kita harus menyesuaikan DDR yang ada pada RAM tersebut.

Tetapi meskipun RAM tidak terbaca secara keseluruhan atau Usable, sebetulnya hal itu tak membuat kinerja sebuah RAM menjadi lambat atau pun menjadi jelek. seperti gambar dibawah ini, meskipun terlihat RAM yang terpakai hanya sekitar 7.89GB sedangkan installed RAM ada di angka 8.00GB, tetapi 7.89GB ini terbaca secara Maksimal dan juga bekerja dengan baik.



dan pada kesempatan ini saya pribadi akan memberikan anda tutorial bagaimana agar RAM anda bisa terbaca secara Maksimal. perhatikan ya, secara Maksimal, bukan terbaca secara keseluruhan. karena memang sebelumnya ada yang bertanya di Grup mengenai RAM yang usable atau tak terbaca secara keseluruhan. lantas apakah RAM yang usable itu bisa mempengaruhi kinerja dari PC ataupun Laptop anda?

Cara agar RAM terbaca Maksimal


  1. Buka Run (Win Logo + R)
  2. Ketik msconfig dan masuk ke tab Boot
  3. Masuk ke Advanced Options
  4. Perhatikan pada bagian Maximum Memory
  5. Unchecklist pada Maximum Memory bila memang masih terchecklist
  6. Apply dan restart
  7. Selesai